Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Desa (SMARD)

Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Desa (SMARD)

Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Desa (SMARD)

Desa Gebangsari Kecamatan Tambak, Banyumas

pada hari ini, Rabu 08 November 2017, Pemerintah Desa Gebangsari menyelenggarakan Pelatihan di Bidang Pelayanan, yaitu Pelatihan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Desa (SMARD), pada pelatihan ini Pemerintah Desa menghadirkan Narasumber dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DINDUKCAPIL) Kabupaten Banyumas (Azhar Nazarudin, Ikhsan). menghadirkan juga dari kecamatan Tambak yang diwakili oleh Bpk Setyono selaku Kasi Pemerintahan kecamatan Tambak serta Hadir pula Kepala Desa Gebangsari (Rokhmat, SE, MM) dan Ketua BPD Desa Gebangsari (Solikhin).

Kegiatan Pelatihan SMARD

Sasaran pada pelatihan Aplikasi Pelayanan ini adalah Semua Perangkat Desa dan Staf, bertujuan untuk menambah ilmu dan wawasan serta tujuan utama yaitu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Harapan dari Dindukcapil Kabupaten Banyumas dengan semua perangkat desa mahir menjalankan aplikasi akan diketahui manfaat secara langsung terhadap pelayanan kepada masyarakat dan jika ada kekurangan aplikasi dapat diketahui sedini mungkin guna perbaikan selanjutnya, karena permasalahan muncul seiring berjalannya sistem pelayanan. Tim Teknis SMARD (Azhar Nazarudin, Ikhsan) sangat mengharapkan saran dan masukan terhadap aplikasi SMARD sehingga dapat diketahui kebutuhan menu atau formulir apa saja kaitannya dengan regulasi administrasi kependudukan.

Pada Aplikasi SMARD tidak hanya mendukung pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat akan tetapi yang tidak kalah penting adalah sambil pelayanan juga melakukan pembersihan data kependudukan sehingga data-data lebih valid dan selalu di update tiap bulannya.

Pembersihan data tersebut antara lain :

  1. Data ganda berupa Nama, NIK, Nomor KK.
  2. Data Kematian
  3. Data anomali
  4. Data Penduduk Miskin dan lainnnya guna mencapai data yang bersih dan valid. Pengguna data kependudukan tidak hanya warga masyarakat juga lembaga pemerintah, berbankan, lembaga swasta dll.

Semoga dengan terselenggaranya Pelatihan ini Sistem Pelayanan di Desa Gebangsari akan lebih Optimal dan akurat.

  • Untuk desa-desa di kabupaten Banyumas yang masih belum mampu dan mahir menjalankan aplikasi SMARD silahkan membuat membuat surat kepada Kepala Dindukcapil Kabupaten Banyumas yang isinya permohonan pelatihan lanjutan Aplikasi SMARD.

Related Posts

Komentar